artikel terpopuler

apa sih maksudnya kata FM dari radio FM tersebut?

hello blogger..
kali ini saya mau bahas mengenai radio FM yang sering kita dengar. coba anda buka handphone anda yang memiliki fitur Radio, pasti ada frekuensi 99.9 MHz, 107.2 MHz, dll . lantas apa sih maksudnya? okee akan saya sedikit bahas dengan teknis maupun non-teknis.

FM (Frequency Modulation)
sebelum mengenal FM, kita harus tau dulu pengertian dari Modulation. Modulation adalah proses penumpangan sinyal informasi yang berfrekuensi rendah ke sinyal carrier berfrekuensi tinggi. nah sedangkan FM (Frequency Modulation) merupakan salah satu teknik proses penumpangan sinyal dimana ketika amplitudo sinyal informasi naik, maka frekuensi carrier akan merapat, sedangkan ketika sinyal informasi amplitudonya menurun, maka frekuensi carrier akan merenggang.

proses penumpangan sinyal informasi ke sinyal carrier menggunakan teknik FM

nahh sebenarnya dalam proses Modulasi ini ada lagi teknik lain, yaitu AM (amplitude modulation) dan PM (Phase Modulation) . namun saya tidak akan membahas mengenai teknik AM atau PM ini.

Kelebihan FM:
- kualitas suara jernih karena tidak ada noise yang disebabkan oleh perubahan amplitudo, caranya dengan memasang limitter.

Kekurangan FM:
- jangkauan tidak luas.

sekian.

No comments on "apa sih maksudnya kata FM dari radio FM tersebut?

Leave a Reply