artikel terpopuler

menghilangkan ngantuk disaat guru/dosen mengajar

bete banget ya kalo sedang kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung, ternyata kita sebagai siswa atau mahasiswa ngantuk. banyak efek yang 'ditakuti' kalau ngantuk datang disaat yang tidak tepat.. seperti materi tidak dapat dimengerti, takut ditegur dan dimarahi guru/dosen, di foto sama temen dengan muka tidur dan di upload ke facebook dan twitter lalu di tag ke temen-temen #ehhh .


pertama-tama mari kita bongkar terlebih dahulu, apa sih penyebab ngantuk disaat kegiatan KBM berlangsung?

1. pelajarannya tidak kita suka
pelajaran yang mungkin tidak kita suka bisa membuat kita mengantuk disaat KBM berlangsung, karena merasa pelajaran itu tidak membuat 'menarik' perhatian otaknya.

2. dosennya 'ga menarik' cara mengajarnya.
wah, kalo ini sih lain cerita. memang kadang bisa bikin mahasiswa boring kalau dosen itu 'statis' dalam gaya mengajarnya. hanya memakai infokus dan membaca saja, banyak tulisan-tulisan dalam slidenya, tidak adanya interaksi mata kepada mahasiswa, dosen terkesan 'ngobrol' hanya kepada beberapa mahasiswa, intonasi yang gitu-gitu aja.. ketika dosen udah beres mengajar, hati senang dan mata langsung 'segar' lagi hahaha..

3. malemnya tidur telat
wahh ini memang salah satu penyebab 'berat' kenapa disaat KBM berlangsung, mahasiswa bisa ngantuk berat. yang penulis amati, mahasiswa sering tidur malam karena ngerjain tugas yang belum selesai ataupun main games sampe begadang. 


dengan alasan di atas semua, penulis punya solusi untuk mengusir rasa ngantuk yang datang menghadang di saat KBM berlangsung sesuai dengan pengalaman penulis. sehingga, catatan kita tidak kosong alias sia-sia kuliah. mau tau apa aja? check it out !

 1. izin ke kamar mandi
cara ini memang paling efektif untuk mengusir rasa kantuk. dengan langkah berjalan itu udah bikin mata melotot, ditambah dengan cuci muka yang bisa bikin kepala fresh. cara ini memang sangat - sangat recommended banget deh untuk dicoba.

2. makan
kalau cara ini benar bisa menghilangkan rasa ngantuk, tapi lakukan dengan hati - hati yaa, nyumput - nyumput aja dan sedikit - sedikit makannya..  jangan sampe ketahuan dosen, bisa repot urusannya. not recommended jika dosennya 'jeli' dan killer.

3. SMS atau Miscall temen
cara ini juga ampuh buat mengusir rasa ngantuk saat KBM berlangsung. dengan SMS, otak akan dipaksa bekerja untuk menyusun kalimat-kalimat di SMS. sehingga, otak kita secara otomatis 'bangkit' karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan.
miscall pun sama kok, bisa bikin otak 'bangkit'. cara yang terbaik adalah miscall temen sekelas dan lihat ekspresinya ketika sibuk mengambil handphone dari sakunya, hahaha..

4. tulislah kata - kata positif yang kamu sukai
misal, kita tulis di kertas tersebut, "saya yakin saya pasti tidak mengantuk", "saya akan menjadi orang sukses 2-3 tahun mendatang. saya harus serius kuliah! ingat orang tua udah ngebiayain saya, kalau saya tidak jadi apa - apa, orang tua pasti kecewa dengan diri saya." nah seperti itu, disarankan untuk membuat kalimat yang sangat panjang. otak kita 'bangkit' banget pastinya karena secara tidak langsung membakar semangat dalam diri. 


sekian postingan penulis kali ini, semoga trik - trik yang dipaparkan diatas dapat menambah ilmu pengetahuan dan berguna bagi para pembaca sekalian. salam ngantuk  :)


No comments on "menghilangkan ngantuk disaat guru/dosen mengajar

Leave a Reply