artikel terpopuler

Banyak belajar banyak lupa

”Banyak belajar, banyak yang dilupakan.
Sedikit belajar, Sedikit yang dilupakan.
   Tidak belajar, tidak ada yang dilupakan.
Imageitulah kata – kata motivasi yang penulis baca beberapa tahun lalu di dalam sebuah buku ( lupa judul bukunya ).

out of the box sekali memang kalimat diatas. sekilas dibaca terkesan negatif, tapi kalo dicermati malah sangat positif sekali!

ketika kita belajar banyak, banyak sekali yang kita serap, tetapi ada juga yang tidak keserap.nah yang “tidak keserap” itu biasanya lupa. sehingga, sangaaat wajar sekali banyak belajar tapi banyak lupa.

ketika kita sedikit belajar, hanya sedikit yang kita serap. sehingga, yang “tidak keserap” nya itu cuman sedikit juga. lah, kalo sedikit belajar tapi banyak lupa itu parah bangeett :) 
 tapi sedikit belajar sangat tidak bagus loh. bedakan yaa antara belajar efektif dengan sedikit belajar. kalo belajar efektif artinya apa yang kita pelajari mudah kita kuasai dengan adanya bumbu mood, kondisi tubuh, dan waktu. ketika tidak belajar, ya iyalah jelas tidak ada yang dlupakan. emang apa yang mau dilupain coba? :D 

so, buat yang banyak belajar, jangan frustasi kalo banyak yang dilupakan juga. itu sangat wajar sekali. ayoo, tingkatkan semangat kita untuk belajar, entah itu di kuliah, organisasi, perjalanan hidup, bahkan sedang menghadapi masalah sekalipun :)

No comments on "Banyak belajar banyak lupa

Leave a Reply