artikel terpopuler

Tips Melakukan Presentasi yang Baik

 


Presentasi adalah proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh pembicara kepada sekelompok audiens. biasanya presentasi menggunakan powerpoint ( ada kekuatan di dalam poin -poin penting). agar presentasi kita tidak membosankan, di dalam postingan ini penulis akan memberikan tips dan trik presentasi yang sebaiknya dilakukan oleh pembicara:

1. berpenampilan yang rapi
supaya tingkat percaya diri kita tinggi, perlu diperhatikan penampilan kita. mulai dari baju kita, apakah kerah sudah rapi, ikat pinggang tidak keluar-keluar, dan gunakan wewangian. jangan lupa juga, sebelum presentasi cuci muka terlebih dahulu agar terasa segar.

2. gunakan gambar sebagai poin penting
nah banyak para pembicara yang menuangkan tulisan - tulisan panjang di dalam presentasinya. udah gitu dibaca ulang. ini adalah kesalahan besar!!! karena di dalam powerpoint, yang harus ditampilkan bukan tulisan - tulisan panjang, melainkan poin - poin penting berupa gambar atau tulisan singkat. kesalahan ini mengakibatkan para audiens mengantuk karena malas membaca.

3.masukilah panggung presentasi melewati para audiens
biasanya hal ini dilakukan ketika kita berpresentasi lebih dari >50 orang. jadi konsepnya seperti ini, ketika namamu dipanggil untuk presentasi, masuki panggung presentasi itu di antara para audiens dengan berjalan dari belakang. lakukan langkah perlahan agar kita 'menyatu' dengan ruangan presentasi tersebut.. jangan langsung tiba - tiba hadir di atas panggung kaya hantu, ini mengakibatkan ketegangan anda mendadak mencapai puncaknya.


4. tanggulangi audiens yang kelihatan mengantuk dengan 'aksi'
trik ini sering dilakukan oleh pembicara yang cerdik. jadi libatkan seluruh audiens dengan menggunakan games. games nya yang sederhana saja, tapi melibatkan gerakan-gerakan audiens.

contohnya saja, kalau penulis sendiri akan menyuruh audiens untuk mengacungkan tangan kanannya tinggi-tinggi. terus suruh audiens tengok kanan, udah gitu tengok bawah. nah langsung bilang, "hahaha.. ketek kita itu pembangkit mata :D".

contoh lain adalah dengan membuat cerita ngasal aja. misal jika mendengar nama 'Dona" maka audiens harus berdiri, jika mendengar nama 'doni' maka audiens harus duduk. nah udah gitu kita bercerita, "suatu hari, Dona pergi ke pasar. (audiens langsung berdiri). di pasar, dia ketemu temen lamanya,Doni (audiens langsung duduk). lalu, Doni membawa sebuah pisang yang sangat besar. pisang itu sedang dicari-cari Dona. akan tetapi, Doni tidak mau menjual pisang itu ke Dona. sehingga, Dona tidak mendapat apapun di pasar. akan tetapi, karena Doni kasihan kepada Dona, akhirnya dia memberikan pisang itu secara gratis. Dona senang, Doni pun senang."

5. mengaku saja
kalau seandainya itu merupakan pertama kalinya kita presentasi di depan panggung, maka mengakulah! dengan mengaku, audiens akan memberikan toleransi kepada kita apabila kita gugup, gemetaran, bicara tersendat-sendatt. untuk itu, persiapkan dengan baik ya sebelum presentasi.

sekian dulu pesan-pesan dari penulis, semoga bermanfaat :)

No comments on "Tips Melakukan Presentasi yang Baik

Leave a Reply