artikel terpopuler

TOP secret - the billionaire

judul di atas bukan trik-trik menjadi seorang milyader, hhe.. akan tetapi sebuah judul film asal Thailand yang mampu membuat para penontonnya tercengang karena kemampuannya yang tinggi. ya, kemampuan 'keras kepala' nya itu yang bikin para penonton tercengang. keren bangetlah film ini seriusan, dan juga menyindir penulis yang berimpian menjadi entrepreneur tapi belum bisa 'keras kepala' sampai kaya gitu :(
oh iya film ini penulis dapatkan dari seorang temen sekelas di kampus. thanks bgt bro, bisa jadi inspirasi juga film ini.

film ini merupakan based on true story orang thailand bernama TOP ittipat. bisnisnya sudah begitu besar sekali, malah produknya sampe masuk Indonesia lhoo.. coba deh ke toko swalayan "borma" terus cari-cari deh produk namanya "tao kae noi" nah itu dia produknya, isinya makanan cemilan rumput laut. mungkin dari pembaca sekalian pernah merasakan snack ini, penulis pun pernah kok nyoba :D . bikin kaget juga ternyata selama nonton film ini, yang disorot adalah pendiri produk tao kae noi, cemilan yang pernah dimakan penulis. hha..

  
 let's tell the story :
seorang anak gamer bernama TOP ittipat, biasa dipanggil 'TOP'. diusianya yang sangat muda, 16th, TOP berhasil melakukan penjualan transaksi online dengan menjual senjata-senjata dalam sebuah games, TOP berhasil membeli mobil 699.690 baht (sekitar 200jt rupiah) . akan tetapi, transaksi jual beli nya dalam online games ini tidak lama, karena termasuk transaksi ilegal dan akunnya di hapus karena ketahuan.
karena kemalasannya bersekolah, TOP tidak dapat melanjutkan sekolah di universitas negeri, padahal itu adalah harapan kedua orang tuanya. dengan sangat kecewa, TOP melanjutkan kuliah di sebuah universitas swasta. disaat itu pula, orang tuanya mengalami kebangkrutan dan meninggalkan hutang sebesar 40 juta baht (sekitar Rp. 12 miliar) .

TOP berjualan DVD player. dia membelinya dengan sangat murah sekitar 500baht dan membeli sebanyak 50 unit. akan tetapi karena bajakan, DVD player ini cepat rusak, dia ditipu besar. dia balik ke tokonya dan marah , dan ujung-ujungnya TOP dipukul karena dianggap mengganggu aktivitas toko tersebut.
karena semangatnya yang pantang menyerah, TOP memulai bisnis kacang lagi. dia melakukan survey kepada pedagan-pedagang kacang, seperti memilih kacang yang baik, cara mengolahnya, rasanya. TOP memulai bisnis ini di Mall, akan tetapi di awal tidak laku karena sedikit orang lewat. dia memindahkan mesin kacangnya ke depan pintu Mall dan laku. senang sekali TOP karena kacangnya laku. tapi, kesenangannya ini tidak bertahan lama, karena dia diusir dari Mall karena uap kacang tersebut mengotori atap Mall.

ayah dan ibunya pergi ke China, sementara TOP tidak mau ikut ke China. dia lebih memilih untuk tetap tinggal di Thailand bersama pamannya sambil menjalankan bisnis daripada mengikuti kedua orangtuanya. disisi lain, rumahnya mengalami penyitaan oleh Bank. sangat sedih rasanya. tapi hal ini tidak menyurutkan semangat TOP sebagai entrepreneur sejati. oh iya, dia menemukan ide bisnis cemilan rumput laut disaat seperti ini lho.. diberi oleh seseorang sambil makan bareng di dalam mobilnya TOP.

paman top ittipat (kanan)
mulailah perjalanan hidupnya menjadi seorang pebisnis cemilan rumput laut. dia menjual beberapa barangnya yang ada di rumah, dan melakukan trial and error untuk menemukan rasa enak pada cemilan ini. pengorbanannya mulai dari kepecretan minyak, barang-barang komputernya dijual, sampai - sampai pamannya pingsan dan berdarah - darah hingga harus dibawa ke rumah sakit.

berjualan cemilan rumput laut dengan nama "tao kae noi" di mall dan laku. tiba-tiba dia mendapatkan telepon dari ibunya dan bilang, "selamat ulang tahun yaa TOP". padahal TOP sendiri tidak ingat kalo hari itu adalah ulang tahunnya. ibunya berpesan untuk selalu jaga kesehatan dan menyuruhnya untuk menyusul kedua orangtuanya. tapi TOP keras kepala untuk tinggal di thailand sambil menekuni bisnisnya. dan ditelepon itu juga TOP mengetahui hutang orangtuanya sebesar 40jt Baht (Rp.12 miliar). TOP berjanji untuk melunasi hutang-hutang orang tuanya.

TOP belanja di 7eleven dan mendapat inspirasi untuk menjual produk "Tao Kae Noi" di market itu dengan slogan 7eleven adalah, "teman terbaik.. dekat dengan anda" . Dia pun memutuskan strategi hutan rimba yaitu konsumenlah yang menemui produk kita. tapi pada prakteknya, agar dapat berjualan di market 7eleven tidaklah semudah memasukkan air ke dalam gelas. 7eleven memiliki standarisasi yang tinggi dalam produk-produknya.


7eleven
TOP di kritik oleh manajer 7eleven bernama Nn.Pu karena produknya kurang menarik dalam kemasannya, lalu ukurannya yang terlalu besar. TOP mendesain ulang kemasannya dan ke 7eleven lagi dengan membawa produknya. setelah menunggu lama dan tidak ada hasil untuk menemui Nn.Pu, TOP memutuskan pulang dan meninggalkan produknya di dalam lift perusahaan tersebut dan memberikannya secara gratis kepada karyawan-karyawan 7eleven. mendapat respon baik oleh karyawan-karyawannya, karena produknya enak dan kemasannya sangat menarik dan diketahui oleh Nn.Pu. sehingga TOP dipanggil kembali dan menyuruhnya untuk membuat 72.000 kemasan!! sungguh luar biasa!

ternyata dia punya rintangan baru, yaitu sebulan lagi Nn.Pu dan GMP (Good Manufacturing Practice) akan melakukan inspeksi ke pabriknya. padahal dia belum punya pabrik. TOP mendapatkan sebuah ruangan dan bisa menyulapnya menjadi pabrik. dia mengkail karyawan-karyawan baru, merenovasi ulang ruangan tersebut.

ketika waktu inspeksi tiba, TOP mendapatkan beberapa kritikan lagi dari GMP dan Nn.Pu, contohnya lampu neon yang tidak pakai penutup karena takut makanannya kena debu, keran putar yang seharusnya keran injak agar tangan tidak kotor lagi ketika menutup keran. TOP berjanji untuk memperbaikinya hari itu juga. oh iya sebelumnya dia disuruh pamannya untuk menyogok, karena tanpa uang mereka akan bilang tidak layak. tapi TOP tidak melakukan penyogokan karena kejujuran dia utamakan. this is a great thing !

beberapa waktu kemudian dia mendapatkan kiriman fax dari 7eleven dan menerima produknya untuk diedarkan di market 7eleven. TOP menelepon orang tuanya dan bilang, "Ayah dan Ibu sudah bisa pulang sekarang." mereka semua menangis bahagia. 2 tahun kemudian, TOP bisa melunasi hutang orang tuanya.

sekarang, TOP memiliki 2500 karyawan, mengirim produknya ke 6000 cabang market 7eleven, mengekspor cemilan rumput latunya di 27 negara dunia, pendapatan tahun 2010 sebesar 1500jt Baht ( Rp.450 milyar) dan saat ini TOP berusia 26 tahun.

pesan TOP kepada kita semua:
the real Top Ittipat

"jangan patah semangat walau apapun yang terjadi, Jika kita menyerah maka habislah sudah"

No comments on "TOP secret - the billionaire

Leave a Reply