artikel terpopuler

Prinsip ekonomi tentang usaha-hasil

"manusia berharap melakukan usaha sekecil-kecilnya tetapi mendapatkan hasil yang sebesar-sebesarnya"
oke sebelum ngebahas kalimat diatas, alangkah baiknya kita mendefinisikan dulu kata usaha dan hasil. usaha adalah cara untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan hasil adalah hal - hal yang kita dapatkan ketika kita telah berusaha.

 kalimat paling atas adalah yang sangat diharapkan semua orang - orang, malah sampai masuk kedalam prinsip ekonomi yaitu "dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin" (sumber: wikipedia). tapi sayang, ternyata tidak ada yang seperti itu. sudah menjadi hukum bumi bahwa, "hasil sebanding dengan usaha". jadi, usaha yang besar akan memberikan hasil yang besar. begitupun sebaliknya.

contoh 1:
kita sebagai mahasiswa ingin sekali diwisuda dengan IPK > 3,3 . terus apakah dengan berdiam diri dan santai-santai saya bisa mendapatkan IPK tersebut? TIDAK BISA. ada harga yang harus dibayar dari itu semua. kita harus belajar giat, harus sering bertanya mengenai mata kuliah yang sulit dimengerti, harus menanggung malu, harus ada uang yang keluar, harus pulang malem (mungkin).
lantas jika usaha kita kecil, apa masih bisa mendapatkan IPK diatas 3,3 ? misalnya kuliah cuma sekedar ngisi absensi, malu bertanya, setiap ada tugas dikerjain sama temen, belajar pun kalau ada mood. ternyata tidak bisa juga kita mendapatkan IPK diatas 3,3. jadi, jika ingin mendapatkan IPK 4 maka kita harus usaha 4. jika kita ingin IPK 3 maka kita harus usaha 3. nah!

contoh 2:
kita sebagai seorang pebisnis ingin sekali bisnisnya menghasilkan uang sebesar 10juta yang mampu mencukupi kebutuhan hidupnya. apakah dengan santai dan males - malesan, uang itu akan datang? TIDAK. kita harus mengorbankan seluruh hati, pikiran, jiwa, bahkan uang kita demi mengembangkan bisnis kita.
lantas, jika usaha kita kecil, apa masih bisa bisnisnya menghasilkan uang yang besar? misalnya bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 1 siang, habis itu main games, terus malemnya jalan - jalan ke mal. ternyata TIDAK.paling juga hanya sebagian kecil yang ia dapatkan, misalnya Rp 300.000 . jadi, jika usaha kita A, maka kita berpenghasilan sebesar A. jika usaha kita B, maka hasilnya pun akan sebesar B. nah!

inilah rahasia Michael Jordan

michael jordan rebound
Bagi yang belum tahu, michael Jordan adalah seorang pemain basket profesional. beliau adalah orang yang bisa memasukkan bola basket ke dalam ring dengan mata tertutup dihadapan para penonton. eits, ini bukan sebuah kebetulan.
disaat teman-teman lainnya latihan melempar ratusan kali, beliau latihan melempar beribu-ribu kali. disaat teman-temannya lari 10 putaran, beliau berlari 20 putaran. benar sekali, beliau berani "membayar" kesuksesannya dibidang basket ini. karirnya yang cemerlang merupakan hasil dari pengorbanannya semasa dulu.
"Sepanjang karier saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset. Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Setidaknya, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan penentu kemenangan dan gagal. Saya telah berkali-kali menemui kegagalan dalam hidup saya, dan itulah sebabnya saya bisa berhasil." (sumber: talkmen) 

So, kalau kita ingin sukses, harus usaha besar! keep spirit and keep fighting until success ( '̀⌣'́ )ง


No comments on "Prinsip ekonomi tentang usaha-hasil

Leave a Reply