artikel terpopuler

Katanya, masa muda adalah masa paling indah

teringat sekali ketika sedang di kampus / sekolah, banyak yang bilang bahwa 'nikmatilah masa mudamu, karena masa muda adalah masa - masa paling indah'. menurut mereka, masa muda itu harus dinikmati dengan senang - senang, hang out, pacaran, main games, berkumpul bersama teman (menurut penulis, berkumpulnya geje), tidak banyak tugas, dan berbagai kegiatan lainnya. mungkin ini dikarenakan masa muda belum banyak penanggungan seperti layaknya orang tua yang harus membiayai keluarganya.

suatu ketika, pernah ada guru saya bercerita gini, " saya tuh sangat sering belajar. pelajaran apapun, saya harus dapet nilai A walaupun saya tidak suka dengan pelajaran itu. saya belajar sampai jam 2 malam pun bisa. kalau orang tua biasanya menyuruh anaknya untuk belajar, orang tua saya malah menyuruh saya untuk istirahat." lalu, ada yang tidak sengaja 'nyeletuk' bilang, "ah, sedih banget tuh masa muda dipake cuman buat belajar doang. masa muda tuh masa - masa paling indah, lebar kalo dipake buat belajar aja."

ingin sedikit penulis komentari:
lebar juga kalo masa muda dipake buat main aja. lebar juga kalo masa muda dipake buat belajar juga. yang jelas, harus ada keseimbangan antara main dan belajar. ada waktunya untuk belajar, dan ada waktunya untuk main. lalu, ketika main harusnya jangan mikirin belajar. ketika belajar juga sama, jangan mikirin main.

sebetulnya, konsep 'masa muda adalah masa paling indah' tidaklah salah. tapi yang mendefinisikannya yang salah, kata 'indah' disitu kadang dimaknai dengan kata 'senang - senang'. sehingga, kegiatan - kegiatan yang diisi disitu kurang berbobot / bermanfaat. penulis jadi teringat kata - kata temen sebangku waktu dulu masih bersekolah di SMAN 2 bandung. dia bilang gini,

"masa muda adalah masa - masa paling indah itu kurang tepat. justru, masa muda adalah masa paling sulit, karena apa yang kita lakukan di masa muda menentukan nasib kita di masa depan."

kalimat ini kalau penulis yang denger bikin jleb - jleb deh. soalnya, penulis menggunakan waktu di masa muda ini seringnya main dan main saja. belajar pun kalo ada waktu dan mood2an. pfftt.. tapi sekarang udah ga gitu lagi :)

coba deh kalo misalnya masa muda dipake buat main bareng temen terus kumpul ga jelas. main games sampai begadang dan bolos sekolah. di tempat belajar suka cari onar. wah udah deh, masa depannya pun ga bakal jelas, karena apa yang dia lakuin tidak baik.
masa muda harusnya kita pergunakan dengan hal - hal yang bersifat pengembangan diri. mengikuti kegiatan seminar, sering baca buku motivasi atau buku - buku yang mengandung hikmah, membangun relasi yang luas, aktif di berbagai kegiatan organisasi, malah berbisnis pun malah harus dimulai ketika masih muda, bukan ketika tua. boleh kok dipakai buat main, tapi jangan keseringan karena takutnya kegiatan lain yang lebih penting malah tidak terlaksana.

rahasia di masa muda
ada satu hal yang membuat masa muda ini jangan sampai di sia-siakan. kondisi baik manusia yang masih 'fresh' ini ada pada masa muda. daya ingat yang masih 'kencang', tenaga fisik yang masih besar, kesehatan yang sangat optimal, merupakan kelebihan - kelebihan manusia di masa muda pada umumnya. kalo dipergunakan hanya untuk 'senang - senang' saja, sangat rugi. jangan gitu yaa para readers..

masa muda itu bekal untuk di masa tua. :)

1 comment on "Katanya, masa muda adalah masa paling indah"

  1. greget van!
    Tambahan :
    Akan terasa sangat indah apabila di masa muda, kita sudah bisa meraih cinta Allah SWT dan bisa istiqomah di jalan-Nya, buat bekal kita di kala tua nanti.

    ReplyDelete