artikel terpopuler

ketidakjujuran membuat aku menjadi yang terakhir

cerita ini sedikit sedih sih sebenernya.. ehh tapi tetep harus bahagia. :)
 yang lagi UN harus Lulus yaa pake kejujuran..


karena sedang musim - musimnya UN sekarang (itu lhoo, Ujian Nasional buat penentuan lulus atau tidaknya kita bersekolah, yang diadakan serentak), makanya postingan kali ini yang dibahas adalah tentang pengalaman penulis sewaktu UN dulu.

dimulai dari penulis waktu SMA kelas 3, sangat sering belajar. pokonya di otak teh hanya ada kata 'belajar'. waktu itu ada yang bilang, "Kalo SNMPTN kamu bisa, berarti UN pasti bisa. makanya, belajar buat SNMPTN aja" . iya sih pas lihat-lihat soal SNMPTN dan UN, jika dibandingkan emang lebih susah soal SNMPTN. jadi aja beli buku soal - soal SNMPTN seabreg udah gitu dilahap semuanya. hahaha.. dan ga mikirin soal - soal UN. "kalo belajar soal - soal SNMPTN, artinya saya belajar soal - soal UN juga!" ujar dalam hati.

nih ya, jadwal belajar waktu itu tuh kaya gini:
06.30 - 14.30 digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. kalo ga ada gurunya, ngerjain soal - soal SNMPTN. waktu istirahat disikat juga buat ngerjain soal - soal.
15.00 - 18.00 belajar di tempat les
18.00 - 21.00 tambahan di tempat les (ada ruangan khusus buat belajar tambahan)
03.00 - 05.00 bangun shalat tahajud terus belajar lagi
jadwal ini sangat berbeda dengan waktu penulis masih menjadi kelas 1 dan kelas 2 yang masih 'santai' belajar. hehe.. ini rutin lho hampir setiap hari, kecuali sabtu minggu.

ketika liburan semester 1 kelas 3, temen - temen mah banyaknya pada main jalan - jalan gitu. lah penulis? belajar materi selanjutnya yang ada di semester 2. hasilnya? mantep. pas masuk, apa yang diterangin guru udah ngerti semua terutama fisika, matematika, kimia. baru lihat judulnya aja langsung bilang, "ah udah ngerti. bosen, materi baru ajalah" dalem hati tapinya bilangnya yaa hehe. #bukan sombong, tapi ini bukti hasil dari sebuah perjuangan.

"hal yang membuat penulis begitu bersemangat belajar adalah adanya harapan untuk mencapai tujuan penulis yaitu ingin diterima di perguruan tinggi bernama ITB." makanya penulis mati - matian belajar.

day of UN..
UN pun tiba.. momen ini merupakan momen penentu bagi para siswa SMA apakah dia Lulus sekolah atau tidak. penulis pun mengerjakan sebisa penulis. wah.. pas lihat soal, ternyata gampang - gampang. beneran deh, ga kaya SNMPTN. ngerjain soalnya juga penulis mah asyik banget. hehe.. wah udah yakin banget nih UN pasti lulus dan penulis ngerjain UN nya jujur. pokonya sangat berbeda dengan kebanyakan orang. ada yang nanya, ga di jawab. ada yang minta bantu operin jawaban, pastinya ngga akan dibantu sama penulis mah. pokonya, "self oriented" selama ngerjain soal UN ini.

eiittss itu disisi penulis. disisi yang lain gimana? pastinya ada yang nyontek dan bisik - bisik. ada yang pake kode dengan menggunakan gaya - gaya tertentu, misalnya ketika seseorang bertanya dan yang ditanya itu memegang dagu berarti jawabannya D. ada juga yang pakai kunci jawaban yang beredar lewat sms. katanya sih jawaban itu didapat dari sebuah tempat les. bisa dihitung, yang jujur seperti penulis mungkin cuma 4-7 orang saja dari 40 orang sekelas.

nah ini nih efek ketidakjujuran itu..
pengumuman UN pun akhirnya datang. disaat penulis lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan SNMPTN, seluruh siswa ternyata lulus semua. Alhamdulillah, prestasi baik!
penulis pun ke sekolah, dan bertanya kepada wali kelas tentang hasil yang didapat. hanya melihat nilai penulis di secarik kertas yang sudah dijumlahkan.. ahh tidak! penulis mendapat nilai UN paling kecil dibanding teman - teman yang lain. padahal, jika dirata-ratakan penulis mendapat nilai 9 dalam tiap pelajarannya. liat2 lagi apa ada yang lebih kecil dari penulis, ternyata sudah tidak ada. artinya, berdasarkan nilai UN tersebut, penulis mendapat ranking 40 dari 40 besar. sebuah prestasi yaa hehehe..

apakah penulis kecewa? tidak.
apakah penulis nyesel ga ikut2an nyontek? tidak.
tidak ada aura negatif yang menyelimuti penulis saat itu. malah, penulis merasa bangga mendapat ranking 40 itu karena kejujuran yang dijunjung tinggi. sebab, hal itu adalah prestasi penulis menjadi orang jujur. oh iya malah temen penulis sampe ada yang bilang gini karena dapet nilai gede dari hasil nyontek, "ih lebay banget ya nilai aku. terlalu gede ini, masa aku bisa dapet nilai segini"

hei para readers sekalian.. ketidakjujuran itu sebenarnya merugikan diri sendiri, orang lain, dan mendustai sang Maha Pencipta semesta alam ini.
1. merugikan diri sendiri karena ilmu kita tidak akan bertambah dengan cara tidak jujur itu.
2. merugikan orang lain juga karena efek ketidakjujuran itu berdampak buat orang lain yang tidak melakukan kesalahan.
3. mendustai sang Maha pencipta. kenapa? para readers tau kan kalau Allah itu Maha Melihat. jadi, ketika kita berbuat tidak jujur, pasti Allah melihat kita. apa benar kita tidak malu dilihat Allah berbuat salah?

BERANI JUJUR ITU HEBAT! :)

No comments on "ketidakjujuran membuat aku menjadi yang terakhir

Leave a Reply